BREAKING NEWS

Tegas dalam berfikir Lembut dalam bertindak

Kamis, 03 September 2015

TIPS BAGI MAHASISWA BARU




                Hari baru telah dimulai. Setelah tiga tahun mengenyam pendidikan di bangku putih abu-abu, inilah masa awal ikhwan-akhwat beranjak kedalam dunia perkuliahan sebagai mahasiswa.  Jika dijalani dengan baik, kehidupan perkuliahan akan menjadi saat-saat yang tidak terlupakan dan sangat berguna buat kehidupan kamu selanjutnya. tentunya, kehidupan selanjutnya didunia kampus akan baik jika di gerbang awal kuliah dengan hal-hal yang baik pula.
Menjadi mahasiswa baru bagaikan bersiap untuk menggambar di kertas putih. Adalah pilihan kamu untuk mengisinya dengan tinta apa. Berikut 3 permulaan yang perlu kamu perhatikan ketika menjadi mahasiswa baru:

1.            Perbanyak Teman
                Masa-masa mahasiswa baru adalah momen lucu untuk dikenang ketika kamu memakai baju wisuda dan bernostalgia atas nama mahasiswa tingkat akhir. Mulai dari teman satu jurusan, satu fakultas, luar fakultas, kakak senior, dosen dan lain-lain.
                Tidak dipungkiri, banyak keuntungan yang kita dapatkan dari memperbanyak teman, di antaranya: semakin banyak teman, semakin luas jaringan untuk dapat bertukar informasi, sebagai tempat berbagi, bercerita dan saling menyemangati, menjadikan diri lebih produktif, dan lain-lain. Semakin kita banyak berinteraksi dengan orang lain, semakin kita belajar bagaimana cara memahami orang lain. Prinsip yang perlu diperhatikan dalam mencari teman yaitu jadikan setiap orang adalah guru. Guru yang dapat mengajarkan kita sesuatu.
                Perbanyak teman dan jalin relasi yang baik dengan siapapun.
“Someday, you’ll just be a memory to some people. So, do your best to be a good one.”

 2. Saatnya Untuk Berkilau
                Pertama, susun strategi belajar agar mendapatkan IP (Indeks Prestasi) yang optimal. Pada umumnya, semakin tinggi semester semakin berat bobot pelajaran di dalamnya. Jadi, adalah strategi yang tepat jika di semester awal kamu berjuang untuk meraih IPK setinggi-tingginya. Jangan segan untuk bertanya kepada dosen dan aktif di kelas, mengerjakan tugas tepat waktu, dan kerahkan segenap passionmu.
                Kalau pernah mendengar orang bicara, “IPK itu gak penting. Yang penting itu soft skill dan aktif di organisasi.” NO. That’s wrong. Justru IPK itu adalah legitimasi kemampuan akademik kamu. Bagaimanapun juga, IPK adalah bentuk tanggung jawab kamu. Keduanya penting tanpa saling dikesampingkan.
                Kedua, ikuti berbagai kompetisi. Bagi seorang mahasiswa baru, ini adalah kesempatan kamu untuk bisa mendobrak nama agar ‘dikenal’ teman-teman, dosen, dan petinggi-petinggi fakultas. Jadilah mahasiswa yang pro aktif untuk mencari informasi lomba-lomba yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di media sosial, ataupun di papan pengumuman yang terdapat di koridor kampus. Dengan mengikuti berbagai kompetisi, kamu jadi bisa mengukur kapasitas diri dan mendapatkan banyak pengalaman.

3. Aktif Berorganisasi
                Salah seorang motivator Jamil Azzaini pernah mengatakan, “Teman-teman yang ada di sekeliling Anda hari ini, bisa menjadi salah satu hal yang menentukan, akan seperti apa Anda di masa depan.”

Share this:

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates