BREAKING NEWS

Tegas dalam berfikir Lembut dalam bertindak

Sabtu, 03 September 2016

Kasih Sayang

Akhlak adalah cermin keimanan seseorang. Dengan erti kata lain, iman yang sempurna akan memprodukkan akhlak yang mulia atau dengan perumpamaan yang mudah, ibarat pohon yang semata-mata bergantung kepada keelokan akarnya. Sabda Rasulullah S.A.W :
خلقا أحسنهم المؤمنين أكمل
Maksudnya :Di kalangan mu'minin yang paling sempurna imannya ialah yang terbaik akhlaknya
Dari hadist diatas betapa pentingnya sebuah akhlak bagi manusia, ikhwan salah satu dari akhlak yang baik adalah menghormati yang tua, menyayangi yang mudah dan yang sebaya jadikanlah saudara, hal ini sesuai dengan hadist:
اِنْ  اَرَدْتَ اَلنِّجَاةَ  مِنْ عَذَابِ اللهِ فَلْيَكُنْ كَبِيْرَ الْمُسْلِمِيْنَ عِنْدَكَ اَبًا وَاَوْسَطَهُمْ عِنْدَكَ اَخًا وَاَصْغَرَهُمْ عِنْدَكَ اِبْنًا, فَوَقِّرْ اَبَاكَ وَاَكْرِمْ اَخَاكَ وَتَحَنَّنْ عَلَى  وَلَدِكَ
Maksudnya: Jika kamu ingin selamat dari adzab allah, maka jadikanlah orang-orang muslimin yang lebih tua dari kamu sebagai ayahmu, dan orang-orang muslimin yang sebaya denganmu sebagai saudaramu, dan orang-orang muslimin yang lebih mudah darimu sebagai anakmu, maka mulyakanlah ayahmu, dan hormati saudaramu, dan sayangilah anakmu.
          
      Dalam hadist diatas bisa kita pahami bahwa berakhlak baik kepada yang lebih tua, yang sebaya dan yang lebih mudah adalah ibadah, dan mendapat pahala dari allah, yang pelakunya juga telah melkukan ibadah sosial, dengan sebutan soleh. jika hadist tersebut dapat teramalkan dalam hidup sehari-hari , baik di lingkungan keluarga, masyarkat dan negara, maka akan terjalin solidaritas sosial antar sesama.

Tidak ada yang menuding, tidak ada suka menggunjing, tidak ada pesakitan, jika saling kasih-sayang melingkupi kita semua.

Share this:

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates