BREAKING NEWS

Tegas dalam berfikir Lembut dalam bertindak

Selasa, 24 Februari 2015

SEJARAH TERBENTUKNYA LDK "RAFIQIL A'LA" IAI AL-QOLAM

Lembaga Dakwah Kampus “Rafiqil A’la” merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Gondanglegi Malang. Cikal bakal berdirinya UKM ini adalah berangkat dari kritikan beberapa mahasiswa yang prihatin terhadap moralitas mahasiswa yang lambat laun mulai terkikis sekalipun kampus ini notebenya adalah santri pondok pesantren, disamping itu juga dilatarbelakngi oleh keadaan musholla kampus Al-Qolam yang lebih sering dijadikan tempat bukan selayaknya musholla.  Akhirnya kritikan tersebut mendapatkan respon baik dari pihak Badan Eksekutif Mahasiswa BEM IAI Al-Qolam khususnya di bidang Keagamaan untuk direkomendasikan kepada pimpinan IAI Al-Qolam. Menindak lanjuti hal tersebut, akhirnya Pengurus BEM di Bidang Keagamaan mengadakan sebuah perkumpulan yang melibatkan sebagian Pimpinan Kampus, Ketua BEM IAI Al-Qolam dan seluruh ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan HMJ Al-Qolam khusus untuk membahas masalah tersebut.
Dalam rapat yang dihadiri oleh KH. Madarik Yahya, S.S., M.A selaku dosen tetap IAI Al-Qolam dan Bapak Mudhofar, M.Pd yang waktu itu menjabat sebagai Pembantu Ketua 1 memunculkan beberapa ide salah satunya adalah dengan membentuk sebuah UKM baru yang kegiatannya adalah mensinergikan nilai-nilai ke-Islaman di ranah kampus sekaligus memakmurkan musholla kampus Al-Qolam. Akhirnya usulan tersebut disepakati dengan membentuk UKM yang bernama “Lembaga Dakwah Kampus”.
Selanjutnya dalam kesempatan rapat yang dipimpin oleh saudara Abdurrofik selaku Ketua Bidang Agama BEM IAI Al-Qolam itu meminta usulan tentang nama Musholla kampus. Serentak semua peserta rapat diam berfikir tentang nama Musholla teresebut. Tidak lama kemudian Pimpinan Rapat menawarkan sebuah nama yaitu “Musholla Al-Hidayah” dengan harapan kita selalu mendapatkan petunjuk baik dalam setiap keadaan. Beberapa menit kemudian, KH. Madarik Yahya juga menawarkan sebuah nama yaitu “Musholla Rafiqil A’la”  dan nama inilah yang disepakati oleh semua peserta rapat. Berangkat dari itulah, akhirnya nama Lembaga Dakwah Kampus disamakan dengan nama musholla yaitu  Lembaga Dakwah Kampus “Rafiqil A’la” mengingat kegiatan LDK ini nantinya lebih sering bertempat di musholla  kampus.
Satu minggu setelah rapat tersebut, terbentuklah pengurus LDK “Rafiqil A’la” yang diambil dari perwakilan masing-masing jurusan. Dan pada tanggal 28 Desember 2013 secara resmi terbentuklah pengurus LDK pertama yang dilantik langsung oleh ketua BEM IAI Al-Qolam dengan disaksikan oleh Rektor IAI Al-Qolam dan para pimpinan IAI Al-Qolam. Maka hari pula secara resmi menjadi moment terbentuknya LDK “Rafiqil A’la” IAI Al-Qolam Gondanglegi Malang.
Dengan semangat dan tekat para pengurus akhirnya bisa merealisasikan beberapa program pertama di LDK Al-Qolam diantaranya adalah Diskusi Keagamaan, Study Banding dengan Ledma Al-Farobi, Diskusi Interaktif Dengan Bapak Agus Sunyoto, M.Pd, Qurban Idul Adha dan Masa Awal Berdakwah (MABDA’AH) ke 1. Semoga dengan adanya UKM ini dapat senantiasa meberikan wahana khususnya kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu agamanya baik secara teoritis ataupun praktis. Disamping itu pula dapat meningkatkan hubungan antara kampus, masyarakat dan pondok pesantren.

Oleh : Abdurrofik/Ketua Umum LDK “Rafiqil A’la

Share this:

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates